Kamis, 25 Juli 2024 17:00 WIB

Siap Gelar Konfercab VII NU Kabupaten Tangerang, Berharap Ketum PBNU Hadir


  • Jum'at, 05 Juli 2024 15:52 WIB

NAHDLIYIN.COM, Tangerang Selatan – Karteker Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tangerang akan menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) VII Nahdlatul Ulama Kabupaten Tangerang. 

’’Ini hajatan dan konfercab bertema Sukses Konsolidasi untuk Memacu Kinerja dan Meraih Kemenangan NU Kabupaten Tangerang. Dilaksanakan Ahad (7/7/2024) di Pondok Pesantren Miftahul Khair, Jl Diklat Pemda, Kp Babakan, Sukabakti, Curug, Kabupaten Tangerang, Banten,’’ ujar Ketua Panitia H Muhamad Qustulani sebagaimana dilansir banten.nu.or.id, Jumat (5/7/2024) siang.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Nusantara Tangerang itu menjelaskan, panitia mengundang 29 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan 390 Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) se-Kabupaten Tangerang. 

’’25 MWCNU yang akan punya suara. Ini termasuk 11 MWCNU yang baru saja mengadakan konferensi. Nanti sekaligus pelantikan. Sedangkan 4 MWCNU di luar 25, sebagai peninjau saja karena belum menggelar konferensi. Yakni, Cikupa, Tigaraksa, Mauk, dan Rajeg,’’ ungkapnya.

Tak hanya itu. Badan otonom (Banom) NU di Kabupaten Tangerang seperti Muslimat NU, Fatayat NU, Pagar Nusa, Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), serta Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia PMII, juga diundang.’

’Karena selain konfercab, ada hajatan. Makanya seperti banom diundang. Kami memotong sapi,’’ jelasnya.

Sebagai bagian menyemarakkan konfercab, lanjutnya, ada sejumlah kegiatan yang digelar. Di antaranya pawai obor sekaligus memperingati dan menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah yang digelar Jumat (5/7/2024) mulai selepas Maghrib di Alun-Alun Curug. Juga ada bahtsul masail yang dilaksanakan oleh MWCNU Curug di Pondok Pesantren Miftahul Khair. 

’’Membahas penerapan Undang-Undang Pesantren Nomor 18 Tahun 2019 dan problematika judi online,’’ imbuh pria bergelar doktor itu.

Selain itu, ada pentas seni, bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta bakti sosial oleh Jam'iyyah Ruqyah Aswaja (JRA). ’’Sejauh ini, sudah ada 30 UMKM yang bakal memeriahkan. Gongnya tentu konfercab. Berharap Ketum Gus Yahya (Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Yahya Cholil Staquf, Red) bisa hadir,’’ tambahnya.

Dia berharap, dengan dilaksanakan konfercab, ke depan, NU sukses melaksanakan konsolidasi dan satu komando. 

’’Saat ini era digital, kader NU harus bisa menyesuaikan agar tidak ketinggalan. Ke depan terus melakukan perbaikan, solid, dan modern dengan menyesuaikan zaman, tanpa mengurangi karakter NU-nya,’’ terangnya.

Selain itu, tambahnya, siapa pun yang terpilih menakhodai PCNU Kabupaten Tangerang nantinya, dapat menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah. Di antaranya adalah menyelesaikan pembangunan gedung NU Kabupaten Tangerang dan merapikan literasi administrasi. Juga segera mendorong 4 kecamatan yang belum menggelar konferensi agar terpilih kepengurusan definitif.

Sekadar diketahui, PCNU Kabupaten Tangerang saat ini dipegang karteker yang ditunjuk oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Di antara tugas Karteker PCNU Kabupaten Tangerang yang dinakhodai H Lukman Khakim itu adalah menggelar konfercab



ARTIKEL TERKAIT