Rabu, 28 Februari 2024 16:07 WIB

KH Imron Mutamakkin: Bahtsul Masail Ikhtiar Jawab Persoalan Umat


  • Selasa, 30 Januari 2024 15:43 WIB

NAHDLIYIN.COM, Pasuruan – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamakkin mengatakan bahwa agenda bahtsul masail merupakan cara atau ikhtiar menggali dan menjawab persoalan umat sesuai syariat.

"Bahtsul masail merupakan forum kita dalam menggali permasalahan masyarakat dan manjawab berdasarkan syariat Islam," ujarnya pada saat Bahtsul Masail yang digelar Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Lumbang, Pasuruan, Senin (29/01/2024).

Ia mengatakan, visi dan misi utama jamiyah Nahdlatul Ulama adalah terlaksananya syariat Islam di tengah masyarakat. Adapun syariat tersebut memuat banyak unsur, seperti masalah ubudiyah, muamalah, munakahat, sosial dan lain sebagainya.

"Dengan adanya forum bahtsul masail permasalahan yang ada di masyarakat dapat terselesaikan tanpa keluar dari syariat Islam," ucap Gus Ipong, sapaan akrabnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Besuk Pasuruan itu menyebutkan, kegiatan yang dilakukan LBMNU sangat mulia. Sebab, dengan itu dapat memberi jalan dan pencerahan kepada masyarakat agar yang dilakukan tidak keluar dari koridor syariat.

"Tujuan utama bahtsul masail adalah memastikan bahwasanya yang dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari benar berdasarkan syariat," ungkap Gus Ipong.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta bahtsul masail yang telah menyempatkan waktunya untuk menggali dan menjawab permasalahan di masyarakat berdasarkan syariat.

"Semoga ini menjadi amal jariyah kita dan kita tetap diberikan kesehatan untuk menggali dan menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat," tutupnya.
 



ARTIKEL TERKAIT