Minggu, 16 Juni 2024 01:27 WIB

Hadiri Apel Kader Fatayat NU Malang, Ini Pesan Gus Halim


  • Jum'at, 24 Mei 2024 15:44 WIB

NAHDLIYIN.COM, Jakarta – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri Apel Kader Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Malang dalam rangka memperingati hari Lahir Fatayat ke-74 di Pantai Balekambang, Kamis, (23/5/2024). 

Pada kesempatan itu, Gus Halim sapaan akrabnya mengajak kepada seluruh kader Fatayat NU untuk berpartisipasi dalam setiap pembangunan di Desa. 

"Minimal berpartisipasi dalam musyawarah pembangunan desa. Selain memang dibutuhkan, langkah ini bisa menjadi legitimasi beradaan Fatayat NU di Desa," ujarnya Gus Halim. 

Keterlibatan kader Fatayat NU di Desa, menurut Gus Halim juga salah satu kunci dalam penyiapan generasi penerus bangsa yang mampu memajukan Indonesia. Hal yang perlu dilakukan Fatayat NU untuk menjalankan peran tersebut adalah menguatkan pemberdayaan SDM dan menjadikan semua program kerjanya sebagai kegiatan-kegiatan yang konkret dan detail.
 
“Habis ini kita bikin komitmen semua program yang sifatnya pemberdayaan kita detailkan secara operasional untuk disinergikan,” ujarnya saat menghadiri Apel Kader Fatayat NU Kabupaten Malang pada Kamis (23/5). 
 
Gus Halim menyoroti persoalan sinergi antara organisasi sosial keagamaan dan pemerintah. Menurutnya, sinergi organisasi sosial keagamaan dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, serta pemerintah kabupaten/kota, bernilai penting, dan diharapkan mampu memaksimalkan penyiapan generasi penerus bangsa yang unggul.

“Ini momentum yang sangat pas untuk bagaimana membangun sinergitas antara organisasi sosial keagamaan yang berbasis perjuangan Islam ala ahli sunnah wal jamaah annahdliyah dengan pemerintah, sehingga penyiapan generasi penerus dapat dilakukan dengan maksimal," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut Gus Halim didampingi beragam pihak, antara lain Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemendes PDTT Lilik Umi Nasriyah, Bupati Malang HM Sanusi, Ketua Umum PP Fatayat NU Margaret Aliyatul Maimunah, Ketua PCNU Kabupaten Malang KH Hamim Kholili, Wakil Ketua Komisi DPRD Provinsi Jawa Timur Hikmah Bafaqih, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang H Kholiq.



ARTIKEL TERKAIT