Sabtu, 15 Juni 2024 23:38 WIB

Gus Baha Ungkap Dahsyatnya Doa Sapu Jagat


  • Rabu, 04 Oktober 2023 20:40 WIB

NAHDLIYIN.COM, Jakarta  –  Doa sapu jagat merupakan doa untuk meminta kebaikan dunia dan akhirat. Doa ini juga sering dikhususkan untuk memohon rezeki dan keshatan. 

Terkait doa sapu jagat ini, sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik adalah doa yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah SAW.

Menurut sebuah hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, doa sapu jagat termasuk doa yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah SAW.

Anas bin Malik berkata,

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: "Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi SAW, yaitu 'Allaahumma Robbana aatinaa fid dun-yaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar'." (HR Muttafaq Alaih)

Adapun, doa sapu jagat lengkap Arab, latin, dan terjemahannya berbunyi,

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan latin: Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā 'adzāban nār

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

Tidak seperti jenis doa lainnya, doa ini mungkin tampak sederhana, bahkan, sudah sangat dikenal dan dibaca oleh semua umat Islam.

Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang dikenal Gus Baha sebagaimana diunggah Channel  YouTube CHANNEL NGAJI menjelaskan Doa sapu jagat memiliki kedahsyatan dan kekuatan yang sangat besar. 

Doa sapu jagat tersebut merupakan potongan surah Al Baqarah ayat 201. Allah SWT berfirman:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ ٢٠١

Artinya: "Di antara mereka ada juga yang berdoa, "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka."

Dengan rajin mengamalkan doa ini, kita akan mendapatkan kebaikan baik di dunia maupun di akhirat. Kata Gus Baha, dengan memanjatkan doa ini seolah-olah kita memohon kebaikan tidak hanya dalam kehidupan dunia tetapi juga dalam kehidupan akhirat.

Bahkan, menurut Gus Baha, doa ini juga mengindikasikan harapan untuk terhindar dari siksa neraka.

"Kalau berdoa minta dunia, minta juga akhirat. Kalau bisa nggak usah masuk neraka," terang Gus Baha.

Kemudian, Gus Baha menyebutkan bahwa ulama seperti Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari menyebut doa ini sebagai "doa sapu jagat."

Dengan kata lain, dengan terus mengamalkan doa ini, InshaAllah kita akan diberikan kebaikan baik di dunia maupun di akhirat.

"Ya Benar Hasyim Asy'ari kalau dijuluki doa sapu jagat," terang Gus Baha.

"Nggak usah capek-capek, doa itu saja," demikian Gus Baha.

Itulah penjelasan Gus Baha tengan doa sapu jagat yang memiliki keutamaan yang luar biasa yaitu mendapat kebaikan di dunia dan akhirat. Semoga bermanfaat.



ARTIKEL TERKAIT